Biografi Susanne K. Langer

Biografi Ringkas Susanne K. Langer

Susane K. Langer lahir pada tahun 1895, di Manhattan, Amerika Serikat. Ia merupakan salah satu wanita pertama yang mendalami ilmu filsafat sebagai karir akademisnya. Ia juga mendapatkan gelar sarjananya dari Radcliffe College, Cambridge, Massachussetts pada tahun 1920. Kemudian ia mendapatkan gelar master dan doktoral dalam bidang filsafat dari Harvard pada tahun 1924 dan 1926. Lima belas tahun kemudian, Langer mengajar filsafat di beberapa tempat, di antaranya Radcliffe, Wellesley, Smith, dan juga beberapa tempat lainnya. Pada tahun 1942, ia bercerai dengan suaminya William L. Langer, yang menikahinya pada tahun 1921. Langer juga merupakan seorang profesor dalam bidang filsafat di Connecticut College di New London. Ia pensiun dengan hormat pada tahun 1962. Pada tahun 1945-1950, ia mengajar di Columbia University di mana ia mendapat dana bantuan dari Rockefeller Foundation untuk menulis buku Feeling and Form : A Theory of Art (1953).[1]

Langer menghabiskan tahun-tahun terakhir kehidupannya di rumahnya yang bergaya kolonial di Old Lyme on Human Feeling (1967, 1972, dan 1982) yang merupakan puncak dari kehidupan karyanya. Susanne semakin terkenal melalui bukunya pada tahun 1942, Philosophy In A New Key. Di buku tersebut Susanne membahas mengenai teori simbolnya dan menyatakan bahwa simbolisme adalah ‘new key’ untuk memahami bagaimana pikiran manusia berubah menjadi kebutuhan untuk mengekspresikan diri.

Sementara itu, karya terpentingnya tentang simbol adalah Feeling and Form : A Theory of Art (1953), yang merupakan lanjutan dari Philosophy In A New Key. Karya ini membahas teori simbol secara kompherensif yang diterapkan dalam lukisan, seni patung, dan arsitektur, serta dalam sastra, drama dan film. Proyek tentang teori simbol dalam seni kemudian dilanjutkan oleh Langer dengan menerbitkan Mind: An Essay of Human Feeling pada 1967. Buku ini terdiri dari tiga jilid dan merupakan penjabaran lebih luas dari dua buku teori sebelumnya, Philosophy In A New Key dan Feeling and Form : A Theory of Art. Selain itu, karyanya tentang simbol juga termaktub dalam The Problems of Art yang terbit tahun 1957. Buku ini merupakan kumpulan esai disampaikan dalam banyak ceramah kuliahnya. Gagasan pokok buku ini tentang pandangan bahwa seni merupakan ekspresi dari perasaan manusia di mana seni diciptakan untuk persepsi emosional dan inderawi.

Comments

Popular posts from this blog

BULAN DAN KERUPUK KARYA YUSEP MULDIANA

Naskah Drama Teater - Mak Comblang

11 Sistem Tubuh Utama Berkontribusi Penting Dalam Homeostasis