Biografi Susanne K. Langer
Biografi Ringkas Susanne K. Langer
Susane K. Langer lahir pada tahun 1895, di Manhattan, Amerika
Serikat. Ia merupakan salah satu wanita pertama yang mendalami ilmu filsafat
sebagai karir akademisnya. Ia juga mendapatkan gelar sarjananya dari Radcliffe
College, Cambridge, Massachussetts pada tahun 1920. Kemudian ia mendapatkan
gelar master dan doktoral dalam bidang filsafat dari Harvard pada tahun 1924
dan 1926. Lima belas tahun kemudian, Langer mengajar filsafat di beberapa
tempat, di antaranya Radcliffe, Wellesley, Smith, dan juga beberapa tempat
lainnya. Pada tahun 1942, ia bercerai dengan suaminya William L. Langer, yang
menikahinya pada tahun 1921. Langer juga merupakan seorang profesor dalam
bidang filsafat di Connecticut College di New London. Ia pensiun dengan hormat
pada tahun 1962. Pada tahun 1945-1950, ia mengajar di Columbia University di
mana ia mendapat dana bantuan dari Rockefeller Foundation untuk menulis buku Feeling and Form : A Theory of Art
(1953).[1]
Langer menghabiskan tahun-tahun terakhir kehidupannya di
rumahnya yang bergaya kolonial di Old
Lyme on Human Feeling (1967, 1972, dan 1982) yang merupakan puncak dari
kehidupan karyanya. Susanne semakin terkenal melalui bukunya pada tahun 1942, Philosophy In A New Key. Di buku
tersebut Susanne membahas mengenai teori simbolnya dan menyatakan bahwa
simbolisme adalah ‘new key’ untuk
memahami bagaimana pikiran manusia berubah menjadi kebutuhan untuk
mengekspresikan diri.
Sementara itu, karya terpentingnya tentang simbol adalah Feeling and Form : A Theory of Art
(1953), yang merupakan lanjutan dari Philosophy
In A New Key. Karya ini membahas teori simbol secara kompherensif yang
diterapkan dalam lukisan, seni patung, dan arsitektur, serta dalam sastra,
drama dan film. Proyek tentang teori simbol dalam seni kemudian dilanjutkan
oleh Langer dengan menerbitkan Mind: An
Essay of Human Feeling pada 1967. Buku ini terdiri dari tiga jilid dan
merupakan penjabaran lebih luas dari dua buku teori sebelumnya, Philosophy In A New Key dan Feeling and Form : A Theory of Art.
Selain itu, karyanya tentang simbol juga termaktub dalam The Problems of Art yang terbit tahun 1957. Buku ini merupakan
kumpulan esai disampaikan dalam banyak ceramah kuliahnya. Gagasan pokok buku
ini tentang pandangan bahwa seni merupakan ekspresi dari perasaan manusia di
mana seni diciptakan untuk persepsi emosional dan inderawi.
Comments
Post a Comment