Apa Itu Scalling Dan Bagaimana Prosedur Scalling

Scalling

Pengertian Scaling adalah proses menghilangkan karang gigi atau plak dari permukaan gigi. Scaling atau pembersihan karang gigi dilakukan oleh dokter untuk menghilangkan atau membersihkan kalkulus dan plak yang menumpuk pada gigi (Correa et al.,2016).

Seiring perjalanan waktu, plak yang menumpuk akan menyebabkan gusi menjadi meradang dan berdarah. Radang ini akan mengarah pada tahap awal penyakit gusi yang disebut gingivitis. Radang gusi yang tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan poket periodontal yang dapat menciptakan lebih banyak lagi kerusakan. Struktur pendukung gigi akan mulai rusak dan gigi kemudian akan mulai melonggar (Robinson, 2002).

Prosedur Scalling

Sebelum dilakukan scaling, dilakukan anamnesis dan pemeriksaan keadaan gigi pasien secara ekstra dan intra-oral. Secara ekstra-oral akan dilakukan anamnesis dan dilihat apakah ada pembengkakan kelenjar limfe di kepala dan leher sebagai tanda adanya penyebaran infeksi. Pemeriksaan selanjutnya dilakukan dengan intra-oral untuk melihat keadaan dalam mulut pasien. Selain melihat keadaan gigi juga dilihat keadaan jaringan lunak lainnya, seperti gingival, palatum, dan lidah.

Setelah dilakukan anamnesa dan pemeriksaan gigi maka pasien diberikan anestesi dan dipasangi endotracheal tube yang digunakan untuk mencegah air dan debris asing masuk ke trakea (Holmstrom et al., 2013).

Prosedur scaling menggunakan alat khusus yang disebut scaler (ultrasonic scaler). Walaupun banyak alat manual lainnya namun scaler inilah yang menjadi alat utama dalam menghancurkan karang gigi. Scaler ini cukup ditempelkan pada karang gigi sehingga pasien tetap nyaman, mengurangi resiko cidera, dan memudahkan kerja dokter.

Dalam melakukan scaling digunakan kombinasi alat manual dan ultrasonic scaler yang diawali dengan ultrasonic scaler untuk membuang kalkulus yang keras dan melekat erat pada permukaan gigi. Manual scaler dipakai untuk membuang sisa-sisa karang gigi pada permukaan gigi yang tidak bisa menggunakan ultrasonic scaler (Holmstrom dkk., 2013).

Comments

Popular posts from this blog

BULAN DAN KERUPUK KARYA YUSEP MULDIANA

Naskah Drama Teater - Mak Comblang

11 Sistem Tubuh Utama Berkontribusi Penting Dalam Homeostasis